BAB I PENDAHULUAN

Jumat, 26 November 2010

Tema         : Loyalitas Konsumen
Tahun       : 2010

Pengaruh Trust In A Brand Terhadap Kesetian Merek (Loyalitas) Telkomsel Flash
(Wilayah Depok-Kelapa Dua)

1.  Latar Belakang
TELKOMSEL Flash adalah layanan internet tanpa kabel (wireless) yang disediakan oleh TELKOMSEL untuk seluruh pelanggannya (kartu Halo, SimPATI dan kartu AS). Layanan ini didukung dengan teknologi HSDPA/3G/EDGE/GPRS yang dapat menghasilkan kecepatan download sampai dengan 7.2 Mbps. Keuntungan-keuntungan yang diberikan TELKOMSEL Flash kepada pelanggannya, yaitu :
·                      a.  Mudah Dikontrol
Dengan pilihan paket Unlimited, anda dapat menggunakan internet sepuasnya tanpa khawatir dengan batasan waktu dan kelebihan biaya akses.  Bagi anda pengguna kartu prabayar (simPATI atau Kartu As), anda bisa lebih mudah mengontrol penggunaan internet dan pengeluaran anda dengan memilih paket berbasis waktu (Time Based).
        b. Fleksibel
Anda dapat menggunakan & mendaftarkan kartu TELKOMSEL apa saja, baik kartuHALO, simPATi ataupun Kartu As.
        c. Kecepatan Tinggi
Anda dapat menikmat pengalaman akses internet dengan kecepatan hingga 7.2 Mbps.
        d. Jangkauan Jaringan yang Luas
Akses internet dimana saja dan kapan saja, dalam jangkauan jaringan 3G/HSDPA TELKOMSEL.
Namun hal tersebut diatas tidak hanya ditawarkan dan dimiliki oleh TELKOMSEL Flash sendiri, melainkan hampir semua broadband modem internet di Indonesia. Tetapi TELKOMSEL Flash dapat dikatakan unggul dalam menarik pasarnya. Hal tersebut menarik minat peneliti untuk mengetahui faktor apa saja yang menyebabkan TELKOMSEL Flash begitu digandrungi oleh para pengguna modem internet.

2. Rumusan Masalah
a. Apakah variabel brand characteristic, company charateristis dan consumer – brand charateristic secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pada konsumen TELKOMSEL Flash ?
b. Apakah variabel brand characteristic, company charateristis dan consumer – brand charateristic secara parsial berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pada konsumen TELKOMSEL Flash, serta variabel mana yang berpengaruh dominan ?

3. Tujuan Penelitian
a. Untuk mengetahui pengaruh secara bersama-sama variabel brand characteristic, company charateristis dan consumer – brand charateristic terhadap loyalitas pada konsumen TELKOMSEL Flash.
b. Untuk mengetahui pengaruh secara parsial variabel brand characteristic, company charateristis dan consumer – brand charateristic terhadap loyalitas pada konsumen TELKOMSEL Flash serta variabel yang dominan berpengaruh.

4. Kerangka Pemikiran
Dalam kondisi persaingan yang semakin ketat, setiap perusahaan harus mampu bertahan hidup, bahkan harus dapat terus berkembang. Salah satu hal penting yang perlu dilakukan dan diperhatikan oleh setiap perusahaan adalah mempertahankan pelanggan yang telah ada, terus menggarap pelanggan-pelanggan potensial baru agar
jangan sampai pelanggan meninggalkan perusahaan menjadi pelanggan perusahaan lain. Dengan kata lain perusahaan harus mampu mempertahankan loyalitas pelanggan.
Loyalitas pelanggan terhadap merek produk merupakan konsep yang sangat penting khususnya pada kondisi tingkat persaingan yang sangat ketat dengan pertumbuhan yang rendah. Pada kondisi demikian loyalitas pada merek sangat dibutuhkan agar perusahaan dapat bertahan hidup. Di samping itu, upaya mempertahankan loyalitas merek ini merupakan upaya strategis yang lebih efektif dibandingkan dengan upaya menarik pelanggan baru.
Persoalan merek menjadi salah satu persoalan yang harus dipantau secara terus-menerus oleh setiap perusahaan. Merek-merek yang kuat, teruji, dan bernilai tinggi terbukti tidak hanya sukses mengalahkan hitungan-hitungan rasional, tetapi juga canggih mengolah sisi - sisi emosional konsumen. Merek bisa memiliki nilai tinggi karena ada brand building activity yang bukan sekadar berdasarkan komunikasi, tetapi merupakan segala macam usaha lain untuk memperkuat merek tersebut.
Suatu merek dapat mengandung tiga hal, yaitu sebagai berikut :
a. Menjelaskan apa yang dijual perusahaan (brand characteristic).
b. Menjelaskan apa yang dijalankan oleh perusahaan (company charateristis).
c. Menjelaskan profil perusahaan itu sendiri (consumer – brand charateristic).

5.  Hipotesis
a. Variabel brand characteristic, company charateristis dan consumer – brand charateristic secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap terhadap loyalitas pada konsumen TELKOMSEL Flash.
b. Variabel brand characteristic, company charateristis dan consumer – brand characteristic secara parsial berpengaruh signifikan terhadap terhadap loyalitas pada konsumen TELKOMSEL Flash.

0 komentar:

Posting Komentar