BAB III ANALISIS DAN PEMBAHASAN

Jumat, 26 November 2010

Tema         : Loyalitas Konsumen
Tahun       : 2010

Pengaruh Trust In A Brand Terhadap Kesetian Merek (Loyalitas) Telkomsel Flash
(Wilayah Depok-Kelapa Dua)

1.   Hasil Penelitian
Dari pernyataan pada kuesioner yang telah diajukan kepada responden diperoleh berbagai macam tanggapan terhadap variabel trust in a brand. Berbagai tanggapan dari responden tersebut telah diringkas dan disajikan di bawah ini.
        a. Brand Characteristic
Brand characteristic (karakteristik merek) berkaitan dengan kepercayaan konsumen terhadap suatu merek. Kepercayaan di sini menyangkut tentang kinerja merek dapat diramalkan, mempunyai reputasi dan kompetensi merek.
Variabel brand characteristic (X1) diukur dengan menggunakan sepuluh buah pernyataan. Pensekoran dilakukan dengan menggunakan skala Likert dengan interval skor 1 sampai dengan 5. Seluruh skor jawaban yang terkumpul untuk variabel brand characteristic adalah sebanyak 300 pernyataan, yang berasal dari 30 responden dengan 10 jumlah pertanyaan. 
Dari Tabel 1 dapat diketahui bahwa sebanyak 79 % responden setuju dengan kondisi dari dimensi brand characteristic air mineral Aqua dan 21 % responden menyatakan tidak setuju. Ini menunjukkan bahwa dimensi brand characteristic dapat membentuk kepercayaan responden terhadap air mineral Aqua.
        b. Company Characteristic
Karakteristik perusahaan meliputi reputasi suatu perusahaan serta integritas perusahaan di balik merek tersebut.
Variabel company characteristic (X2) diukur dengan menggunakan empat buah pernyataan. Seluruh skor jawaban yang terkumpul untuk variabel company characteristic adalah sebanyak 120 pernyataan, yang berasal dari 30 responden dengan 4 jumlah pertanyaan.
Apabila ditinjau dari jawaban responden, yang sangat setuju, setuju, dan cukup setuju sebanyak 215 atau 71,67 %, sedangkan total jawaban responden yang tidak setuju dan sangat tidak setuju sebanyak 85 atau 28.33 %. Jadi, dapat dijelaskan bahwa dimensi company characteristic dapat membentuk kepercayaan responden terhadap TELKOMSEL Flash.
        c. Consumer – Brand Characteristic
Karakteristik konsumen – merek merupakan totalitas pemikiran dan perasaan individu dengan acuan dirinya sebagai objek sehingga sering kali dalam konteks pemasaran dianalogkan merek sama dengan orang.
Variabel consumer – brand characteristic (X3) diukur dengan menggunakan tiga buah pernyataan. Seluruh skor jawaban yang terkumpul untuk variabel consumer – brand characteristic adalah sebanyak 90 pernyataan, yang berasal dari 30 responden dengan 3 jumlah pertanyaan.
Apabila ditinjau dari jawaban responden, yang sangat setuju, setuju, dan cukup setuju sebanyak 246 responden atau 71,93 %, sedangkan total jawaban responden yang tidak setuju dan sangat tidak setuju sebanyak 96 atau 28.07 % Ini berarti bahwa dimensi consumer – brand characteristic dapat membentuk kepercayaan responden terhadap TELKOMSEL Flash.
        d. Brand Loyalty
Loyalitas merek dapat dipandang sebagai komitmen internal dalam diri konsumen untuk membeli dan membeli ulang suatu merek tertentu meskipun ada pengaruh situasional dan usaha pemasaran yang dapat menimbulkan perilaku peralihan.
Variabel brand loyalty (Y) diukur dengan menggunakan lima buah pernyataan. Seluruh skor jawaban yang terkumpul untuk variabel consumer-brand characteristic adalah sebanyak 150 pernyataan, yang berasal dari 30 responden dengan 5 jumlah pertanyaan.
Apabila ditinjau dari jawaban responden yang sangat setuju, setuju, dan cukup setuju sebanyak 438 responden atau 77,19 %, sedangkan total jawaban responden yang tidak setuju dan sangat tidak setuju sebanyak 132 atau 22.81%. Ini menunjukkan bahwa responden loyal terhadap TELKOMSEL Flash.

2.  Analisis dan Pembahasan
a. Analisis Regresi Variabel Trust in a Brand terhadap Brand Loyalty Secara Bersama-sama
Pengujian hipotesis penelitian ini dilakukan dengan menggunakan model matematis analisis regresi linear berganda. Sesuai dengan hasil analisis pada Tabel 10, secara matematis model tersebut dapat diformulasikan sebagai berikut :
Y = -0.660 + 0.289X1 + 0.243X2 + 0.203X3
Keterangan :
Y = Brand Loyalty
X1= Brand characteristic.
X2= Company characteristic
X3= Consumer-brand characteristic.
Berdasarkan hasil analisis dapat diketahui bahwa secara bersama-sama pengaruh variable trust in a brand terhadap brand loyalty adalah sebesar 94,2 %, sedangkan sisanya sebesar 5,8 % brand loyalty dipengaruhi oleh variabel-variabel lain selain trust in a brand.
Konstanta sebesar -0,660 menyatakan bahwa jika tidak ada brand characteristic, company characteristic, dan consumer – brand characteristic (X1, X2, dan X3 adalah 0), maka tidak ada brand loyalty.
Koefisien regresi brand characteristic (X1) sebesar 0,289, company characteristic (X2) sebesar 0,243, dan consumer – brand characteristic (X3) sebesar 0,203 semuanya bertanda positif. Artinya, terjadi pengaruh yang positif/searah antara variabel bebas dengan variabel terikat.

b. Analisis Regresi Trust in a Brand terhadap Brand Loyalty secara Parsial

Secara partial brand characteristic berpengaruh signifikan terhadap brand loyalty yaitu dengan koefisien beta sebesar 0,668 dan tingkat signifikan 0,000. Company characteristic secara signifikan berpengaruh terhadap brand loyalty dengan koefisien beta sebesar 0,224 dan tingkat signifikan 0,000, sedangkan consumer brand characteristic secara signifikan berpengaruh terhadap brand loyalty dengan koefisien beta sebesar 0,165 dan tingkat signifikan sebesar 0,000.

3.  Kesimpulan Penelitian
Berdasarkan hasil penelitian setelah diolah dengan menggunakan alat analisis yang digunakan dapat disimpulkan sebagai berikut :
a.  Secara bersama-sama variabel trust in a brand yang meliputi brand characteristic (X1), company characteristic (X2), dan consumerbrand characteristic (X3) mempengaruhi brand loyalty. Besarnya pengaruh variabel trust in a brand tersebut adalah 0.942 dengan tingkat signifikan 0.000.
b.  Secara parsial variabel trust in a brand yang meliputi brand characteristic, company characteristic, dan consumer – brand characteristic berpengaruh signifikan terhadap brand loyalty. Brand characteristic (X1) secara signifikan berpengaruh terhadap brand loyalty dengan koefisien beta sebesar 0.668 dengan tingkat signifikan 0.000, company characteristic (X2) cukup signifikan berpengaruh terhadap brand loyalty dengan koefisien beta sebesar 0.224 dan tingkat signifikan 0.000, dan consumer – brand characteristic (X3) cukup signifikan berpengaruh terhadap brand loyalty dengan koefisien beta sebesar 0.165 dan tingkat signifikan 0.000. Dari ketiga variabel trust in a brand tersebut brand characteristic  yang berpengaruh dominan terhadap brand loyalty.

0 komentar:

Posting Komentar