BAB II METODOLOGI

Jumat, 26 November 2010

Tema         : Loyalitas Konsumen
Tahun       : 2010

Pengaruh Trust In A Brand Terhadap Kesetian Merek (Loyalitas) Telkomsel Flash
(Wilayah Depok-Kelapa Dua)

1.   Jenis Data dan Sumber Data
Data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi dua jenis data, yaitu :
(a) Data primer merupakan data yang diperoleh dari hasil penyebaran kuesioner kepada seluruh konsumen TELKOMSEL Flash, baik yang sedang menggunakan atau pernah menggunakan TELKOMSEL Flash di wilayah JABODETABEK.
(b) Data sekunder yaitu data yang bersumber dari sumber-sumber lain yang telah tersedia sebelumnya berkaitan dengan penelitian.
kualitatif.

2.  Populasi dan Obyek Penelitian
Populasi penelitian ini adalah seluruh konsumen TELKOMSEL Flash, baik yang sedang menggunakan atau pernah menggunakan TELKOMSEL Flash di wilayah JABODETABEK. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan Quota Accidental Sampling, yaitu dengan penetapan jumlah anggota sampel secara kuota atau jumlah terhadap konsumen yang mudah ditemui pada saat survei dilakukan.

3.  Metode Pengambilan Data
Data diperoleh melalui kuisioner yang dijawab responden terhadap pernyataan yang dibuat tentang kesetiaan produk dan kepuasan konsumen. Skala pengukuran yang dilakukan adalah semantic differensial scale (diukur dalam 5 point skala 1 = sangat setuju, 2 = tidak setuju, 3 = netral, 4 = setuju, 5 = sangat setuju), skala pengukuran ini kemudian ditransformasi kedalam Likert yang telah memenuhi skala pengukuran interval.

4.  Variabel Penelitian
Variabel-variabel dalam penelitian ini meliputi tiga variabel independen (X), yaitu brand characteristic (X1), company characteristic (X2), dan consumer – brand characteristic (X3). Sebaliknya, variable dependen (Y) hanya satu yaitu brand loyalty.

5.  Model Penelitian
        a. Metode Suksesif Interval
Sebelum melakukan analisis regresi berganda, tahap awal yang dilakukan adalah melakukan pengolahan data dengan mengubah data ordinal menjadi data interval dengan menggunakan metode suksesif interval. Metode suksesif interval berfungsi untuk mengubah data ordinal menjadi interval.
        b. Analisis Regresi Berganda
Model regresi digunakan untuk mengasumsikan bahwa terdapat hubungan linier antara variabel brand loyalty dengan variabel brand characteristic, company characteristic, dan consumer – brand characteristic. Adapun model persamaan regresi yang digunakan dalam analisis ini adalah :
Y = β0+ β1 X1 + β2 X2 + β3 X3 + e
Keterangan :
Y = Brand Loyalty                       X1 = Brand characteristic
β0 = Constanta                          X2 = Company characteristic
β1β2β3 = Koefisien Regresi          X3 = Consumer-brand characteristic

0 komentar:

Posting Komentar