Review Jurnal II

Senin, 01 November 2010

Tema         : Loyalitas Konsumen
Pengarang : Agyl Satrio Hutomo
Tahun       : 2008

Pengaruh Kualitas Produk dan Tingkat Kepuasan Konsumen Terhadap Loyalitas Pelanggan
(Tela Krezz Cabang Bekasi)

Latar Belakang
         Pada  umumnya  setiap  usaha  bertujuan  untuk  mencari  keuntungan,  namun untung perhitungan jangka panjang, keuntungan yang besar tidak menjamin kelangsungan setiap perusahaan. Dalam hal ini perusahaan juga perlu mendapatkan loyalitas atau kesetiaan merk dari para konsumennya. Adapun masalah yang dihadapi yaitu :
1.     Apakah  kualitas  produk  mempunyai  pengaruh  yang  positif  terhadap  loyalitas pelanggan?
2.    Apakah kepuasan konsumen mempunyai pengaruh yang positif terhadap loyalitas pelanggan?
3.    Apakah kualitas produk, kepuasan konsumen secara bersama mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas pelanggan?

Tujuan Penelitian
1.     Untuk  menganalisis  tentang  pengaruh  kualitas  produk  terhadap  loyalitas pelanggan.
2.    Untuk menganalsis pengaruh kepuasan konsumen terhadap loyalitas pelanggan.
3.    Untuk  menganalisis  pengaruh  kualitas  produk,  dan  kepuasan  konsumen  secara bersama-sama terhadap loyalitas pelanggan.

Metodologi Penelitian
Hipotesis Penelitian
H1 :  Kualitas produk berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan.
H2:  Kepuasan konsumen berpengaruh terhadap loyalitas  pelanggan.
H3: Kualitas produk dan kepuasan konsumen secara bersama berpengaruh terhadap loyalitas  pelanggan.
Analisis Data
Untuk  mengetahui  sejauh  mana  pengaruh  kualitas  produk  dan  tingkat  kepuasan konsumen  terhadap  loyalitas  pelanggan,  data  yang  telah terkumpul  dianalisis  menggunakan analisis regresi.

1.   Teknik Penarikan Sampel, yaitu dengan simple  random sampling
2.  Besaran Sampel
      Z2/ 2π (1- π)
n = -------------------
             2
Nilai € terbesar jika € = π (1- π) adalah 0,5 (1-),5) = 0,25
Nilai level of significance pada confidence level  95%  adalah 1% dan kemungkinan kesalahan sampel (sample error ) ditetapkan 10%, maka nilai n adalah:
      Z2 / 2π (1- π)    Z2/2      1,962
n = ------------------- = -------- = --------- = 96,04
             2                        4€2     4(0,10)2
         Berdasarkan  pertimbangan  rumus  dan  pendapat  di  atas,  maka  ditetapkan  jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 100 responden

Hasil Penelitian
Berdasarkan  hasil  tabel  di  atas  bahwa  besarnya  Standardized  Coefficients  Beta variabel  kualiatas  produk  sebesar  0,249  dengan  besarnya  nilai  signifikan  adalah sebesar  0,004  lebih  kecil  dari  0,05  dengan  nilai  t  sebesar  2,941  maka  variabel kualitas produk berpengaruh singfinikan terhadap loyalitas pelanggan. Dan  besarnya  Standardized  Coefficients  Beta  variabel  kepuasan  konsumen  0,497 dengan besarnya signifikan adalah sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05 dengan nilai t sebesar  5,868  maka  variabel  kepuasan  konsumen  juga  berpengaruh  signifikan terhadap loyalitas pelanggan.
a.    Predictor: (constant), kepuasan, kualitas
b.    Dependent Variable: loyalitas
Dari  uji  Anova  atau  F  test,  didapat  F  hitung  sebesar  32,387  dengan  tingkat
signifikan 0,000. Oleh karena probabilitas (0,000) lebih kecil dari 0,05, maka model  regresi  dapat  dipakai  untuk  memprediksi  variabel  loyalitas  pelanggan atau dapat dikatakan kualitas produk dan kepuasan konsumen secara bersama-sama berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan.
Berdasarkan hasil tabel 3 angka R square sebesar 0,400, hal ini berarti sekitar  40%  loyalitas  dapat  ditentukan  oleh  kualitas  produk  dan  kepuasan  konsumen,  sedangkan  sisanya  (100%-40%  =  60%)  disebabkan  oleh  faktor-faktor  lain  yang  tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Hal ini dapat disimpulkan, bahwa pengaruh dari  kedua  variabel  tersebut  yaitu  kualitas  produk,  dan  kepuasan  konsumen  mempunyai  pengaruh  yang  cukup  baik  terhadap  loyalitas  pelanggan  terhadap  produk.

Berdasarkan tabel 5 maka besarnya persentase kontribusi partial kualitas produk sebesar 21,87% dan besarnya persentase kontribusi partial kepuasan konsumen adalah sebesar 71,13%. Dalam hal ini bahwa variabel tingkat kepuasan konsumen yang sangat besar kontribusi partialnya terhadap loyalitas pelanggan pada produk makanan Tela Krezz Cabang Bekasi.

Kesimpulan
1.     Kualitas produk mempunyai pengaruh yang positif terhadap loyalitas pelanggan pada produk makanan Tela Krezz
2.    Kepuasan konsumen mempunyai pengaruh yang positif terhadap loyalitas pelanggan pada produk makanan Tela Krez
3.    Berdasarkan hasil perhitungan dengan analisis regresi berganda, menunjukkan bahwa kualitas produk dan kepuasan konsumen secara bersama-sama mempunyai pengaruh yang positif signifikan terhadap loyalitas pelanggan.
4.    Jika dilihat dari kontribusi parsial bahwa variabel kualitas produk dan variabel tingkat kepuasan konsumen memiliki pengaruh terhadap loyalitas pelanggan. Dalam hal ini bahwa variabel tingkat kepuasan konsumen yang sangat besar kontribusi partialnya terhadap loyalitas pelanggan pada produk makanan Tela Krezz Cabang Bekasi.

Saran dan Usulan Lanjutan
Untuk penelitian selanjutnya masukan variabel harga dan produk tela lainnya guna mengembangkan hasil penelitian yang telah dilakukan sebelumnya.

0 komentar:

Posting Komentar